Pada Tahun 2021, tepatnya tanggal 27 Juli 2021 Presiden Republik Indonesia telah meluncurkan core values (nilai-nilai dasar) BerAKHLAK yang harus diterapkan oleh seluruh ASN di instansi pemerintah. BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Nilai-nilai dasar BerAKHLAK ini menjadi dasar budaya kerja, pola pikir pegawai, dan perilaku keseharian pegawai, tak terkecuali ASN di BPS Kota Probolinggo.
Merujuk surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2021 tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara, Berorientasi Pelayanan merupakan komitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat. Nilai Akuntabel berarti bertanggungjawab atas kepercayaan yang diberikan, Kompeten adalah terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, dan nilai Harmonis yaitu saling peduli dan menghargai perbedaan. Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara merupakan nilai dasar ASN yang kelima yaitu Loyal. ASN juga harus memiliki nilai Adaptif, yaitu terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan serta menghadapi perubahan, selain itu juga mampu Kolaboratif untuk dapat membangun kerja sama yang sinergis.
Telah berjalan lebih dari 2 tahun, nilai BerAKHLAK harus selalu tertanam dalam diri ASN. Berbagai sosialisasi telah dilakukan BPS Kota Probolinggo dalam menyebarluaskan nilai-nilai ASN BerAKHLAK, baik di lingkungan BPS Kota Probolinggo sendiri maupun ASN secara umum. Beberapa diantaranya ialah sosialisasi BerAKHLAK pada website, media sosial, seragam kerja, banner kegiatan, dan sampul publikasi. ASN sebagai salah satu cerminan pemerintah, harus dapat memberikan teladan yang baik dengan menerapkan nilai-nilai BerAKHLAK.
#BerAKHLAK
#BPSKotaProbolinggo
#banggamelayanibangsa
#datamencerdaskanbangsa